SPJ Telor Beras

Posted by puskesmas on 09.47 with No comments

SPJ adalah Kependekan Sayembara Patroli Jentik, Sedangkan TelorBeras merupakan singkatan dari Terciduk-Laporkan-Berantas Sampai tuntas!! sarang nyamuk..
Karya inovasi untuk memecahkan masalah Demam Berdarah Dengue  di wilayah Magelang Utara : Sayembara Patroli Jentik (SPJ). Kegiatan ini dianggap dapat  memecahkan masalah yang ada yaitu dengan mengubah perilaku masyarakat untuk melaksakan PSN dan memperbaiki lingkungan sanitasi yang memungkinkan vektor berkembang biak.

Teknik pelaksanaan Sayembara Patroli Jentik (SPJ) di wilayah kerja Puskesmas Magelang Utara dapat dibaca pada RISALAH GUGUS KENDALI MUTU

 Langkah  - langkah Kegiatan Sayembara Patroli Jentik(SPJ).

1.    Warga, atau siapa saja yang menemukan jentik di wilayah kerja Puskesmas Magelang Utara dapat melaporkan ke Puskesmas Magelang Utara melalui http://bit.ly/TelurBeras dengan disertai foto jentik, alamat/lokasi jentik ditemukan.
2.    Petugas Puskesmas yang menerima/mengelola links tersebut mencatat identitas pelapor, alamat/lokasi ditemukannya jentik selanjutnya menyampaikan pada Penanggung Jawab SPJ..
3.    Penanggung jawab SPJ selanjutnya menunjuk pelaksana (Tim SPJ) untuk melakukan kunjungan ke lokasi ditemukannya jentik yang dilaporkan oleh pelapor (sebelumnya berkoordinasi dengan pelapor dan kader/tokoh masyarakat setempat untuk mendampingi) dengan sarana berupa lampu senter, stiker, form hasil pemeriksaan.
4.    Petugas melakukan pemeriksaan dengan menggunakan lampu senter, dan mencatat hasil pemeriksaan pada form/buku pencatatan. Apabila dari hasil pemeriksan ditemukan jentik, petugas memasang stiker “Awas ada nyamuk” atau dengan surat peringatan, dan memberikan himbauan agar dilakukan PSN/kerja bakti. Apabila tidak titemukan jentik, petugas memasang stiker “Lingkungan dan Rumahku Bebas Nyamuk”.
5.    Selanjutnya Petugas menjadwakan pemantauan ulang ke lokasi tersebut.
6.    Pemberian reward berupa souvenir dan ucapan terima kasih kepada pelapor yang hasilnya positif ada jentik.


Indikator keberhasilan dari program ini adalah :
1.      Angka Partisipasi
2.      Angka Rumah/bangunan bebas jentik (ABJ)
3.      Hasil kunjungan dari positif menjadi negatif
4.      Angka Insiden DBD.
 

http://bit.ly/TelurBeras 

Untuk Masyarakat Magelang Utara Ikuti Sayembara Patroli Jentik ( SPJ ).
Caranya mudah :
Cukup Klik link dan isi form dibawah ini
👇🏻👇🏻
http://bit.ly/TelurBeras

atau SMS dengan format :
#TelorBeras (spasi) isi laporan kirim ke 085866668200 

Ayo bersama sama kita wujudkan Magelang Utara Bebas DBD.
Saatnya bergerak
Selamatkan diri, keluarga dan masyarakat sekitar anda.