Pembinaan Poskestren di Masa Pandemi

Posted by Puskesmas Magelang Utara on 10.10 with No comments

Pos Kesehatan Pesantren, yang selanjutnya disebut Poskestren merupakan salah satu wujud Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) di lingkungan pondok pesantren, dengan prinsip dari, oleh dan untuk warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayanan promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan) tanpa mengabaikan aspek kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan), dengan binaan Puskesmas setempat.  

Pandemi covid-19 telah berdampak serius terhadap sendi ekonomi, sosial dan kesehatan masyarakat secara luas dan sampai saat ini belum diprediksi kapan berakhir. Menindaklanjuti surat edaran dari Dinas kesehatan Kota Magelang dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19 dan persiapan masa kebiasaan baru pada pembukaan tempat ibadah dan pemulangan santri di pondok pesantren maka Puskesmas Magelang Utara melaksanakan kegiatan pembinaan serta pengawalan kegiatan di Pondok Pesantren agar sesuai dengan protokol Kesehatan di rumah ibadah dan Pendidikan Keagamaan provinsi Jawa tengah.



Kegiatan ini dilakukan di empat Pondok Pesantren yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas, yaitu Ponpes Assagafiyah, Ponpes Selamat, Ponpes Sirojul Huda, dan Ponpes Al Usmani. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan  memakai masker, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah selesai acara, dan tetap menjaga jarak.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan pada pelaksanaan kegiatan di lingkungan pondok pesantren ebagai persiapan memasuki masa kebiasaan baru.