Terakreditasi Madya 2016

Posted by puskesmas on 10.02 with No comments


Masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman nyaman dan bermutu,  serta dapat menjawab kebutuhan mereka, oleh karena itu upaya peningkatan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien perlu diterapkan dalam pengelolaan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat melalui upaya pemberdayaan masyarakat dan swasta.
Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskesmas, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi.
Sebagai langkah awal penilaian akreditasi puskesmas, Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Kesehatan sebagai SKPD yang melaksanakan urusan wajib pemerintah bidang kesehatan mengajukan Puskesmas Magelang Utara dinilai oleh Tim Surveyor Akreditasi.
Proses Survey tersebut berlangsung mulai tanggal 20 s/d 22  Oktober 2016 dengan Dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan menugaskan Tim Surveyor yang terdiri dari Dr. Matdani Nurcik. M.epid (Ketua Tim) dari Sum Sel untuk Upaya Kesehatan Perorangan, Ibu Risma Delvi, SST Msi dari Bengkulu untuk surveior administrasi dan manajemen, Ibu Sri Waras SKM.Mkes dari Jatim untuk Upaya Kesehatan Masyarakat.
Setelah dilakukan penilain, Alhamdullilahirobbil’alamin akhirnya Puskesmas Magelang Utara berhasil sebagai puskesmas yang terakreditasi di Kota Magelang dengan status Terakreditasi Madya. Keberhasilan tersebut merupakan bentuk hasil kerja keras dan komitment bersama semua pihak baik Pemerintah Kota Magelang, Dinas Kesehatan, Kecamatan Magelang Utara dan jajarannya hingga ke puskesmas dan Masyarakat .

Namun tidak hanya cukup sampai disitu, masih perlu upaya perbaikan untuk peningkatan mutu dan kinerja puskesmas  karena tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem  manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.
Terimakasih Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan Nikmat Yang Kau berikan, dan bimbinglah kami agar kami tidak menjadi sombong atas nikmat yang kau berikan ini.. Amin.... 

Dan terimakasih Kepada:
Bapak Ir. H. Sigit Widyonindito Selaku Walikota Kota Magelang 
Ibu dr. Fatma Murdiningsih Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang 
Ibu drg. Ani Pratamawati dewi Kepala Puskesmas Magelang Utara
dan semua Staf & Karyawan Puskesmasmagelang Utara

post.by: aioc